Tuesday, January 29, 2013

Laksamana Yi Sun-shin

Laksamana Yi Sun-shin (1545 - 1598)

"Yang menantang kematian akan hidup, dan yang mencari kehidupan akan mati."-Yi Sun-shin

Pada tahun tawarikh sejarah angkatan laut, Yi Sun-shin menonjol sebagai salah satu komandan terbesar sepanjang jaman. Hampir semua orang sepakat bahwa dialah pahlawan Korea terbesar yang pernah ada.

Ia masuk militer pada usia 31 tahun dan dari sifa yang ia miliki menjadikan dirinya besar, bisa memberikan terobosan-terobosan baru dalam strategi kemiliteran yang sesuai dengan keadaan.

Pada tahun 1591 dia diangkat menjadi Komandan Markas Kiri Angkatan Laut Chollado di Chwasuyong (sekarang Yosu). Ia mempunyai kabukson yang terkenal, yaitu "Kapal laut bentuk kura-kura." yang dibuat sesuai dengan model kapal laut abad ke limabelas dengan daya tembak dan kecepatan tambahan.

Orang korea bangga dengan Yi Sun-shin, tidak saja karena ia adalah seorang komandan angkatan laut yang besar dan ahli strategi, tetapi juga karena ia adalah orang yang memiliki sifat jujur dan sangat setia kepada bangsa meskipun memiliki kesulitan pribadi dan tidak dihormati anpa alasan. Yi menegaskan bahwa satu-satunya cara untuk menyelamatkan juwa seseorang adalah melakukannya walaupun berbahaya. Ia diberi julukan yaitu Ch'ungmugong yang diberikan oleh Raja injo (1623-1649) di tahun 1643.

Ia mempunyai banyak bakat, salah satunya adalah kemampuan sastranya. meskipun ia seorang tentara, ia menunjukkan gaya yang mengagumkan dan fasih dalam menulis buku hariannya dan puisi-puisi.
(Selamat Datang di Korea/1998)

1 comments:

Unknown said...

Korea emang hebat

Post a Comment